Kamu Tidak Boleh Seperti Itu, Kelak

Saya salut dengan teman yang setelah menikah dan berumah-tangga masih terus berkomunikasi dengan teman-temannya. Masih saling memberi kabar dan akrab seperti biasa. Kenapa saya salut? Karena tidak sedikit juga teman-teman yang tiba-tiba hilang kontak, seolah tenggelam dan mati setelah mereka menikah, punya anak dan bekerja.

Tidak tahu mengapa begitu, tapi yang jelas kejadian seperti itu ada. Dan sering.

Apa yang membatasi mereka? Apa yang membuat mereka harus berpisah dengan teman-teman? Mengapa kehidupan mereka seolah tidak boleh tercampur dengan kehidupan hura-hura pertemanan masa lalu? Apa yang salah dari mempunyai teman sebelum menikah?

Tiba-tiba kita menjadi orang asing jika bertemu di suatu hari. Menyapa dan bertanya apa kabar seperti orang asing. Basa-basi terjadi dalam pertemuan tersebut. Padahal dulu sebelum ia menikah kita pernah sama-sama hidup susah. Kita dulu biasa menertawakan kesialan masing-masing, menangis bersama saat patah hati, dihukum bersama saat berbuat kesalahan. Lalu apa yang membuat kita menjadi orang asing setelah salah satu dari kita menempuh kehidupan baru?

Tak ada alasan rasanya. Mencintai dan memberi perhatian pada suami, anak dan keluarga yang baru bukanlah alasannya. Sudah sibuk mengurusi itu semua juga bukanlah alasannya. Terkadang mereka juga tidak tahu kenapa tiba-tiba menjadi orang asing bagi teman mereka sendiri setelah mereka menikah. Semua berjalan seiring waktu. Begitu banyak kepentingan yang dapat menjadi alasan-alasan atas itu semua. Kesibukan dan kepentingan itu membuat mereka lama-kelamaan lupa dengan teman-teman yang “membesarkan” mereka. Yang mendewasakan mereka.

Aku, tidak ingin menjadi orang yang mudah lupa hanya karena terlalu bahagia dengan apa yang dimiliki atau hanya karena repot dengan urusan kehidupan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s