Hey, Kamu yang Tinggal di Masa Lalu: Doakan Aku Bisa Menyelesaikan Sisa “Pekerjaan” Ini Sebentar Lagi

03 Juli 2009

Ketika perjalanan panjang baru akan dimulai…

hey, aku yakin ini semua belum lah akhir. ini semua adalah awal. mari kita mulai dari nol. ah, kau pasti bisa menemukan hal yang menarik dalam perjalanan nanti. bertemu dengan orang – orang baru bukan kah sangat menyenangkan. mungkin juga akan bertemu dengan sesuatu yang sangat engkau harapkan. tak perlu kau cemas akan bagaimana, kau hanya perlu berjalan terus. berjalan kemana waktu membawamu. ikuti kata hati. telaah segalanya dengan pikiran jernih. jangan pernah berpikir untuk berhenti walau letih terus mengikuti.

hey, kau hanya perlu menjadi dirimu yang sesungguhnya. jangan pernah ragu – ragu lagi. kau pasti bisa menggenggam apa yang telah hilang dan apa yang ingin kau dapatkan. kau hanya harus berusaha lebih keras. tapi sebelumnya kau harus memiliki tekad lebih kuat. sekuat baja agar tidak ada yang bisa merobohkan pendirianmu.

selama apa yang ingin kau lakukan adalah sebuah kebaikan. lakukanlah dengan sungguh2. karena dengan itu kau akan kembali menuai kebaikan. jadi… ayo  bangkit lagi !!! ayo !!! ayo !!!

kau harus sadar, sesungguhnya kau bisa melakukan banyak hal dengan sangat baik.

 

28 Maret 2015

Di mana aku sampai di perjalanan ke tiga, yang memperkenalkan aku dengan orang-orang istimewa, dalam kebaikan dan memberi pelajaran tentang makna tolong-menolong, ketulusan, serta belajar menerima kekurangan dan kelebihan diri dan menyadarkanku bahwa setelah perjalanan ke 3 aku belum bisa melanjutkan perjalanan ke tempat lain lagi sebelum “pekerjaan” itu selesaiku kerjakan hingga lulus.

 

Hey, kau yang tinggal di masa lalu. Kau tahu, firasatmu sebenar-benar tajam. Aku bangga padamu karena telah mengambil keputusan berani untuk hengkang dari tempat “omong kosong” itu. Aku suka dengan segala alasanmu untuk bisa pergi jauh. Benar tebakanmu, “kau pasti bisa menemukan hal yang menarik dalam perjalanan nanti. bertemu dengan orang – orang baru bukan kah sangat menyenangkan. mungkin juga akan bertemu dengan sesuatu yang sangat engkau harapkan.” Aku benar-benar bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan, bersahabat, dan berkualitas. Terutama bertemu dengan seorang teman yang selalu mengingatkanku jika aku berbuat salah dengan caranya yang unik (jangan bilang-bilang padanya bahwa diam-diam dia menjadi inspirasiku, panutanku karena dia pantas untuk dikagumi). Lalu aku benar-benar menemukan sesuatu yang sudah lama aku cari-cari, sebuah tempat atau wadah yang menerima semua mimpi-mimpi, komunitas paragraf. Yang membuatku memiliki pengalaman-pengalaman hebat untuk bisa kuceritakan pada anak-anakku kelak. Sayangnya, sampai hari ini aku belum sempat mengungkapkan rasa terima kasih pada mentor-mentorku yang hebat dan bersahaja. Mereka mengenalkanku pada dunia kepenulisan, membuatku bisa menjadi bagian dari acara-acara penting terkait dengan sastra, dikenal oleh presiden penyair walau sebentar tapi ingatan itu sungguh berharga (sayangnya lupa foto bareng karena aku grogi), beberapa cerpen masuk koran dan majalah budaya lokal, juga termaktub dalam beberapa buku antologi cerpen.

Namun kini, semua sunyi. Sejak aku memutuskan untuk keluar dari zona nyaman itu, dan serius pada sisa kuliah. Walau sudah puluhan cerpen kutulis, dan sempat mengalami writer’s block selama 3 tahun setelah pindah dari Pekanbaru dan tidak lagi aktif di komunitas, aku masih punya semangat menyala untuk tetap menulis. Tapi akan benar-benar bangkit setelah segala urusan seputar kampus dan tetek bengeknya ini selesai. Aku sangat menunggu hari itu, walau tidak begitu yakin bisa menemukan di mana ada satu hari aku berdiri di antara orang-orang yang “berbahagia” itu.

Tiga kali pindah kampus dan kota, tidak pernah membuat aku menyesal seperti apa yang mereka pikirkan (diam-diam) di belakangku. Kau tahu mengapa? Karena hidup hanya sekali, menjalani sesuatu (yang menyangkut masa depanmu) dengan keterpaksaan hanya akan membuatmu tidak bisa berhenti bertanya; “buat apa aku hidup?”

-Tak sengaja bertemu dengan postingan lama di blog wp karena ingin mengulik-ngulik tulisan lama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s