“Hey, Kak!” Sapa Adik Laki-Laki Saya

Saya mulai uji coba memakai tumblr ( http://imajee.tumblr.com )  atas bujuk rayu adik laki-laki saya. Dia ingin saya lebih serius dalam menulis dan dia ingin saya bisa hidup dari kreativitas dikemudian hari. Saya terharu mengetahui ia ternyata peduli. Adik laki-laki saya satu-satunya itu orang yang sangat pendiam ketika di rumah (selalu ia sisakan 10 hari untuk pulang setiap tahun). Anehnya ia akrab dengan anggota keluarga lain kecuali dengan saya. Tapi pagi kemarin, ia menyapa saya di chat fb. Suatu hal yang sangat mengejutkan sekaligus membuat saya terharu. Biasanya selalu saya yang menanyakan kabarnya. Ternyata ia memang ingin tahu bagaimana rancangan masa depan saya kelak sesudah saya berhasil lulus kuliah nanti (semoga terwujud). Kepada dia saya menceritakan semua hal yang saya pikirkan dan tidak ada yang saya tutup-tutupi. Ajaib, ia menerima ide-ide dan rancangan masa depan saya dengan baik. Tidak ada penolakan, ketidaksukaan, pikiran merendahkan dan berbagai macam respon negatif yang biasa saya dapatkan dari ayah saya dan keluarga lain.

Mungkin di keluarga besar, hanya sayalah satu-satunya orang yang kacau. Saya berbeda. Dari segi pemikiran, pekerjaan, apalagi jalan hidup. Saya orang yang tidak biasa menurut pandangan mereka. Bahkan saya tahu betul, saya ini tidak dianggap apa-apa alias dilewatkan saja dalam topik pembicaraan. Seperti ketika mereka berkumpul dan bercerita tentang anak-anak mereka sampai saudara-saudara kandung saya, mereka akan melewatkan tentang saya seolah anak ibu hanya tiga orang. Tidak apa saya sudah biasa seperti itu. Saya hanya tersenyum, duduk tak jauh dari mereka lalu diam-diam masuk kamar dan menulis apa pun. Ya, saya tahu betul dengan apa yang mereka pikirkan tentang saya. Dan saya pahami itu. Mereka hanya belum mengenal saya walau pun mereka adalah keluarga.

Jadi, saya membuat blog di tumblr bukan berarti saya akan meninggalkan blog ini. Blog ini adalah keseluruhan hidup saya sejak tahun 2007. Blog ini tidak akan saya istirahatkan. Saya akan selalu pulang ke blog ini, untuk beristirahat sambil menikmati harumnya kopi dan sunyi yang detaknya kian terasa. Saya akan terus menceritakan apa pun yang saya rasakan. Karena hanya di blog ini, tempat saya berlaku jujur pada diri sendiri. Mau marah, memaki, mengejek, muntah, tertawa terbahak-bahak, menangis semua akan terus saya lakukan di sini.

http://imajee.tumblr.com hanya akan saya jadikan untuk tempat menyimpan karya, seperti kata adik laki-laki saya; saya harus mulai benar-benar serius untuk menulis. Pesan adik laki-laki saya itu, membuat saya lebih bersemangat. Sekarang, saya benar-benar ingin membuat buku!

nasehat-dari-sutardji

🙂

2 tanggapan untuk ““Hey, Kak!” Sapa Adik Laki-Laki Saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s