Targetmu

“Targetku menikah umur 25 sekarang ini, Jee.” ungkapmu lewat telepon. Ku dengar kau tertawa sesudah itu. “Kamu kapan tergetmu Jee?”. Aku hanya terdiam, sambil tersenyum sendiri menatapi buku-buku yang berantakan di atas meja. Dalam hati aku bergumam sendiri, sepertinya aku ingin katakan padanya untuk minta tolong… hidupku tidak begitu menarik untuk dibahas dengannya. Seandainya yang ia tanyakan bukan itu tapi… “Apa yang kamu rasakan sekarang Jee?” mungkin kau akan mendengar nada liris dari balik telponmu dan hanya diam yang menjawabnya.

Aku senang mendapati kau dengan hidupmu mudah-mudahan bisa berjalan sesuai targetmu. kau hebat sangat hebat, bisa kuliah sambil bekerja. dan bebas dapat menentukan hidupmu. kau dulu sangat aku kagumi dan menjadi sumber inspirasiku dalam menulis. mungkin kau tahu itu. tapi kini rasanya aku kehilangan semua orang yang kukagumi. mereka sudah sibuk menikmati hidupnya masing-masing. tidak salah. tapi aku memang selalu yang paling terlambat. aku tidak berani lagi menargetkan di mana lagi aku harus berdiri di masa depan nanti. hari ini aku memutuskan menyerah dan terserah waktu mau memperlakukan aku bagaimana. aku hanya ingin menyelesaikan apa yang sudah aku mulai saja. aku sudah terlampau lama menahan kemuakan ini. pikiran-pikiran hebatku sudah cukup lama meninggalkanku. kini aku sendiri malu untuk kembali merencanakan hal-hal yang ingin kulakukan.

“Ya, semua orang punya caranya sendiri untuk menjalani hidup Jee.” itulah yang hanya bisa kau katakan. tidak ada kata-kata semangat dan dukungan yang kudengar lagi. selanjutnya kau kembali bercerita tentang target-target hidup yang ingin kau capai dalam waktu dekat ini. dan aku hanya bisa menekan perasaanku untuk tidak mengeluh padamu.

ini hal biasa, jalani saja jee… gumamku dalam hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s