Percakapan Senja dan Malam

Senja paling benderang di beranda kosan
Senja paling benderang di beranda kosan

Suatu kali aku bertanya padanya,”Apakah kamu sekarang bahagia?” Ia hanya tersenyum sambil tertunduk, diam saja. Saat itu senja perlahan semakin merona di pelataran. Aku dan dia duduk sendiri sambil menikmati secangkir teh yang terasa kelat. Suhu dingin merambati tubuh dan kami sedang berusaha menahan gigil.

“Bahagia. Saat ini aku sedang bahagia. Aku selalu bahagia jika bisa melihat langit senja semerona ini di musim penghujan.” ia berkata sambil tersenyum memandangi siluet-siluet merah saga di angkasa. Aku menoleh dan mencoba menelisik arti dari pancaran matanya yang begitu terasa hidup. Setelah ia meneguk teh di dalam cangkir yang menghangatkan genggaman tangannya, ia menatapku.

“Apakah kamu sekarang bersedih?” tiba-tiba ia bertanya padaku.

Untuk beberapa detik aku habiskan dalam diam dengan mata menerawang ke langit. Sesaat kemudian aku menghela napas dan mulai menjawab pertanyaannya.

“Ya, aku sedih karena kita akan saling pergi.” Perlahan-lahan kulihat ia mulai memudar namun wajahnya masih menyiratkan senyuman.

“Tidak apa. Semoga kita bisa bertemu lagi.” Jawabnya sambil menjabat tanganku dan meletakkan cangkir teh yang sudah mulai dingin.

“Aku selalu berdoa untuk langit cerah.”

“Terima kasih,” jawabnya.

Dalam hitungan detik, ia pelan berjalan. Kulihat dari kejauhan, wajahnya masih saja menyiratkan kebahagiaan yang tiada tara. Setelah ia sirna  dari pandanganku, aku berdiri dan mulai menyambung senyumannya. Senyuman paling bahagia yang pernah aku lihat.

j e e.

Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s